TUGAS SOFTSKILL 2. PROPOSAL
“Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Oleh Mahasiswa”
BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang Masalah
Seiring dengan perubahan paradigma pembelajaran, maka
keberhasilan kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi tidak hanya
ditentukan oleh faktor pengajar/dosen, melainkan sangat dipengaruhi oleh
keaktifan mahasiswa. Kurikulum baru tahun 2004 mempertegas bahwa proses
pembelajaran harus berpusat pada peserta belajar, pengajar bukan sebagai
satu-satunya sumber belajar atau sumber informasi, melainkan berperan sebagai
fasilitator, dinamisator, dan motivator dalam pembelajaran.
Selain sumber belajar berupa perpustakaan yang tersedia di
kampus, sekarang ini berkembang teknologi internet yang memberikan kemudahan
dan keleluasaan dalam menggali ilmu pengetahuan. Melalui internet mahasiswa
dapat mengakses berbagai literatur dan referensi ilmu pengetahuan yang dibutuhkan
dengan cepat, sehingga dapat mempermudah proses studinya.
2. Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, dapat
diidentifikasi permasalahan yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber belajar,
antara lain : optimalisasi pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar,
pemenuhan koleksi buku-buku yang tersedia di perpustakaan, pemanfaatan internet
sebagai sumber belajar, serta pemanfaatan sumber daya lingkungan sebagai sumber
belajar.
3. Batasan Masalah
Meskipun banyak permasalahan yang berkaitan dengan
pemanfaatan sumber belajar dalam proses pembelajaran, namun dalam penelitian
ini hanya membatasi pada masalah pemanfaatan internet sebagai sumber belajar
oleh mahasiswa.
4. Rumusan Masalah
Untuk memperjelas permasalahan yang akan diteliti, maka
masalah tersebut dirumuskan sebagai berikut:
Apakah mahasiswa UNIVERSITAS GUNADARMA telah memanfaatkan
internet sebagai sumber belajar ?
Alasan apa yang memotivasi mahasiswa UNIVERSITAS GUNADARMA
memanfaatkan internet sebagai sumber belajar ?
Faktor apa sajakah yang mendukung dan menghambat mahasiswa
UNIVERSITAS GUNADARMA untuk memanfaatkan internet sebagai sumber belajar ?
5. Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :
Jumlah mahasiswa UNIVERSITAS GUNADARMA yang telah
memanfaatkan internet sebagai sumber belajar.
Alasan yang memotivasi mahasiswa UNIVERSITAS GUNADRAMA
memanfaatkan internet sebagai sumber belajar.
Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat mahasiswa
UNIVERSITAS GUNADARMA memanfaatkan internet sebagai sumber belajar
6. Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat :
Bagi mahasiswa, untuk lebih meningkatkan pemanfaatan
teknologi internet sebagai sumber belajar, sehingga mempercepat masa studinya.
Bagi program studi, sebagai bahan pertimbangan dalam membuat
kebijakan dan program kerja yang berkaitan dengan fasilitas sumber belajar.
Bagi peneliti, sebagai dorongan untuk lebih meningkatkan
penguasaan teknologi informasi sehingga dapat memperbaiki kemampuan dalam
mengajar
BAB II
Landasan Teori
1. Pengertian Internet
Internet adalah kependekan dari inter-network. Secara
harfiah mengandung pengertian sebagai jaringan komputer yang menghubungkan
beberapa rangkaian (www.wikipedia.com).
Jaringan internet juga didefinisikan sebagai jaringan komputer yang mampu
menghubungkan komputer di seluruh dunia sehingga berbagai jenis dan bentuk
informasi dapat dikomunikasikan antar belahan dunia secara instan dan global (www.jurnal-kopertis4.org).
Selain kedua pengertian di atas, internet juga disebut sebagai sekumpulan
jaringan komputer yang menghubungkan situs akademik, pemerintahan, komersial,
organisasi, maupun perorangan. Internet menyediakan akses untuk layanan
telekomunikasi dari sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar
di seluruh dunia. Layanan internet meliputi komunikasi langsung (e-mail,
chat), diskusi(usenet news, milis, bulletin board), sumber daya informasi yang
terdistribusi (World Wide Web, Ghoper), remote login dan lalu lintas
file (Telnet, FTP),
Sejalan dengan perkembangan internet, telah banyak aktivitas
yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet, seperti e-Commerce,
e-Banking, e-Government, e-Learning dan lainnya. Salah satu aktivitas yang
berkaitan dengan proses pembelajaran adalah e-Learning. E-Learning adalah
wujud penerapan teknologi informasi di bidang pendidikan dalam bentuk
sekolah maya. E-Learning merupakan usaha untuk membuat sebuah
transformasi proses belajar mengajar di sekolah dalam bentuk digital yang
dijembatani oleh teknologi internet.
Bagi para pengajar, internet bermanfaat dalam mengembangkan
profesinya, karena dengan internet dapat :
a) meningkatkan pengetahuan.
b) berbagi sumber diantara
rekan sejawat.
c) bekerjasama dengan pengajar
di luar negeri.
d) kesempatan mempublikasikan
informasi secara langsung.
e) mengatur komunikasi secara
teratur.
f) berpartisipasi dalam
forum-forum lokal maupun internasional.
2. Jenis-Jenis
Pendekatan kualitatif merupakan prosedur penelitian yang
menghasilakn data diskriptif melalui pengungkapan kata-kata tertulis. Peristiwa
tertentu secara rinci dan mendalam serta perilaku yang diamati.
3. Bahaya
Perilaku Adiktif / Pecandu Seorang pecandu internet akan
menghabiskan waktu berjam-jam bahkan sampai berhari-hari berada didepan
komputer untuk online. Untuk pecandu surfing di Handphone /
Blackberry biasanya mereka asik berinternet tanpa memperdulikan
tempat dan waktu (mobile). “Dampak dari kecanduan internet juga tidak
main-main. Mulai dari dipecat dari pekerjaan, perceraian, atau kecelakaan mobil
akibat menyetir sambil menulis SMS atau chatting. Pecandu
internet biasanya kecanduan bermain Games Online, blogging,
situs jejaring sosial, jual beli, chating dan aplikasi-aplikasi internet
lain yang sangat menghabiskan waktu.
Menurut Hack dalam situs “wartawarga.gunadarma.ac.id”,
penyebab seseorang menjadi pecandu internet adalah: “Pecandu internet dapat
disebabkan oleh informasi yang sangat deras dari luar yang ingin diserap atau
diperoleh remaja yang dapat bersumber dari perusahaan, institusi,
departemen-departemen, sekolah ataupun remaja itu sendiri. Pecandu internet
bisa siapa pun, dari mana pun, kapan pun”.
4. Pengaruh
Adalah daya atau timbul dari sesuatu ( orang atau benda )
yang ikut membentuk watak, kepercayaan, atau perbuatan seseorang. Seiring
dengan perubahan paradigma pembelajaran, maka kegiatan belajar mengajar
diperguruan tinggi tidak hanya ditemukan oleh faktor pengajar/dosen, melainkan
sangat dipengaruhi oleh keaktifan mahasiswa.
B. Kesimpulan hipotesis Sementara
Hipotesis adalah pendapat atau kesimpulan sementara,
dengan kata lain suatu pendapat yang kita gunakan untuk menangkap kenyataan
kebenaran dari suatu hal yang belum terbukti kebenarannya atau merupakan
penjelasan percobaan ke arah perjalanan penjelasan yang pasti, tetapi ada
alasannya yang merupakan suatu keismpulan yang agak pasti.
BAB III
Penutup
A.Kesimpulan
Contoh proposal penelitian ilmah ini mengangkat
persoalana bagaimana pemnfaatan media online dikalangan mahasiswa Universitas
Gunadarma. Pemanfataan media online merupakan perbuatan memanfaatkan suatu
hasil dari teknologi tinggi dalam bidang informasi dan komunikasi.
B. Saran
Berdasarkan beberapa uraian dan kesimpulan tersebut maka
perlu kiranya penulis untuk menyampaikan saran sebagai usaha untuk meningkatkan
efektifitas pemanfaatan media online sebagai sumber belajar dikalangan
mahasiwa.




0 Response to "TUGAS SOFTSKILL 2. PROPOSAL"
Posting Komentar